Judul artikel ini sekalian nama dari motor milik Faraz Bdugulz. “Kependekan dari Kolot Bragajul, tua tapi berandalan, brengsek!” buka owner yang berbadan gambot ini.
Bicara tunggangannya, Faraz sepertinya gandrung kisah customized zaman dahulu. Desain bobber yang digarap Didoth Retrogrades Slaughter House (RSH) punya cerita unik dalam sejarah modifikasi.
Gaya begini lebih tua dari choppers. Ini bukan karena ban depan belakang gambot, lho! Tapi, bobber memang cikal bakal choppers yang sudah modif motoring, nge-bob tapi masih pertahankan sasis asli.
Biasanya enggak kinclong rada butek,
setang ape hanger atau baby ape hanger, drum brake tanpa mengobrak-abrik rake
motor. Aslinya bobber juga menganut mesin-mesin lawas, keluarga the forty
five, 750 cc atau big twin legendaris, Knuckle, pan atau shovelhead.
Ini kali, modifikasi RSH dilakukan
pada motor H-D FXD W6 1993. “Sengaja dipilih tidak mengilap tapi menonjolkan
karakter keras, logam karat menyesuaikan karakter yang dituju. Tua tapi bandel
dan brengsek,” tambah owners kelahiran 1982 ini.
Walau begajul, rider ini ogah
mengorbankan pinggang dan ginjal kalau turing jauh. Artinya, kenyamanan turing
tetap dipertahankan. RSH dan pemilik sepakat enggak menyiksa diri dengan
hardtail. ”Sok belakang H-D progressive, ergonomis dipaskan dengan postur tubuh
pemiliknya,” tambah Didoth.
Tentu persoalan ergonomi juga dibarengi dengan estetika. Tampilan bobber penuh karat dan keras plus postur gambot pemilik pasti sreg jika dipilih ban gaya bobber tulen. Roda depan-belakang diameternya sama, tebal dan gendut. ”Nuansa ol skoolnya diperkuat lewat pilihan ban depan belakang 5,00-16 inci,” jelas tim RSH.
The real naughty bike. Bravo bobber! (motorplus-online.com)
Tentu persoalan ergonomi juga dibarengi dengan estetika. Tampilan bobber penuh karat dan keras plus postur gambot pemilik pasti sreg jika dipilih ban gaya bobber tulen. Roda depan-belakang diameternya sama, tebal dan gendut. ”Nuansa ol skoolnya diperkuat lewat pilihan ban depan belakang 5,00-16 inci,” jelas tim RSH.
The real naughty bike. Bravo bobber! (motorplus-online.com)
DATA MODIFIKASI
Ban depan : Firestone 5,00x16
Ban belakang : Firestone 5,00x16
Pelek belakang : 3,5-16 inci H-D
Pelek depan : 3,5-16 inci H-D
Rem depan : Brakeless
Rem belakang : Drum brake Japan
Cat : Blur Brown Concept
Sok depan : Stock
Penulis : Isf@n | Teks Editor : KR15 | Foto :
RumiBan depan : Firestone 5,00x16
Ban belakang : Firestone 5,00x16
Pelek belakang : 3,5-16 inci H-D
Pelek depan : 3,5-16 inci H-D
Rem depan : Brakeless
Rem belakang : Drum brake Japan
Cat : Blur Brown Concept
Sok depan : Stock
Tidak ada komentar:
Posting Komentar